Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi CS kami terlebih dahulu Dapatkan promo menarik untuk pembelian dengan jumlah banyak Menerima Custom Bentuk dan Ukuran
Beranda » Artikel Terbaru » Budaya Membuang Sampah pada Tempatnya di Daerah Wisata

Budaya Membuang Sampah pada Tempatnya di Daerah Wisata

Diposting pada 21 December 2020 oleh mandiribersama | Dilihat: 219 kali

 

 

Pabrik Tong Sampah Besar – Sampai saat ini di berbagai belahan kota di Indonesia masih menjadi PR untuk kita semua. Begitu juga tempat – tempat wisata, disana juga terkadang banyak sekali tangan – tangan jahil yang masih kurang disiplin dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Tak sedikit pengunjung – pengunjung tempat wisata yang dengan tanpa berdosa membuang sampah sembarangan di tempat – tempat wisata. Bukan karena tak diperingatkan oleh para petugas kepada setiap pengunjung wisata, terkadang memang kitanya juga yang kurang sadar akan bahaya dari sampah tersebut.

Saat ini sampah masih menjadi permasalahan umum di daerah wisata. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya : pemahaman masyarakat yang masih kurang mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, kebijakan pemerintah yang masih kurang tepat sasaran. Penanaman Nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Upaya tersebut dapat meminimalisir tindakan-tindakan yang menyebabkan perusakan terhadap lingkungan.

Tak sedikit spanduk atau baliho yang sengaja di pasang di tempat – tempat wisata dengan bertuliskan “sadar berwisata dan sadar berbudaya”. Hal ini jelas bertujuan untuk meminimalisir para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sadar berwisata dengan maksudnya kita sebagai pengunjung tempat wisata harus selalu menjaga kebersihan dan ketertiban, sadar berbudaya dengan selalu menghormati adat istiadat masyarakat setempat dan selalu bersikap dengan etika. Namun sayang sekali ketika di lapangan masih banyak saja masyarakat yang belum memahami sebab mengapa mereka harus senantiasa menjaga lingkungan. Lingkungan adalah kekayaan yang harus dijaga agar tetap berkelanjutan dan dapat dinikmati oleh generasi ke generasi. Poin  inilah yang seharusnya menjadi catatan penting bagi masyarakat baik selalu pengelola daerah wisata maupun wisatawan itu sendiri.

Penyebab yang kedua adalah kebijakan pemerintah yang masih kurang tepat sasaran. Kebijakan adalah aturan yang sifatnya memaksa dan mengikat. Sangat disayangkan apabila kebijakan tersebut masih kurang tepat sasaran yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan. Mengacu pada UU No 10 Tahun 2009 mengenai Kepariwisataan Pasal 4 disebutkan bahwa :

Baca juga : Tempat Sampah Dengan Fungsi Outdoor

Kepariwisataan bertujuan untuk:

a.meningkatkan pertumbuhan ekonomi;

b.meningkatkan kesejahteraan rakyat;

c.menghapus kemiskinan;

d.mengatasi pengangguran;

e.melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya;

f.memajukan kebudayaan;

g.mengangkat citra bangsa;

h.memupuk rasa cinta tanah air;

i.memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa; dan

j.mempererat persahabatan antarbangsa.

Mengacu pada poin (e) maka sudah sepantasnyalah menjadi kewajiban kita semua untuk senantiasa menjaga lingkungan dan menerapkan kebijakan yang mendukung hal tersebut. Oleh karena itu penulis menawarkan sebuah solusi yang diharapkan dapat menjadi usulan yang solutif dan adaptif. Solusi tersebut adalah menerapkan kebijakan yang mewajibkan seluruh wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk membawa kantong sampah masing-masing dan sebagai apresiasinya, sampah tersebut akan dikumpulkan sebagai poin yang dapat ditukar untuk berbagai macam voucher.

Solusi ini dapat diterapkan di wilayah yang menjadi gerbang utama masuknya wisatawan ke daerah wisata tersebut. Selalu ada sanksi bagi setiap pelanggaran. Sanksi tersebut dapat berupa pembayaran denda disesuaikan dengan seberapa besar pelanggaran tersebut. Sanksi maksimal yang diterapkan boleh jadi individu tersebut dilarang untuk masuk ke wilayah wisata tersebut. Selalu ada pengorbanan yang harus dilakukan apabila ingin menerapkan sebuah kebijakan yang mengikat semua kalangan. Hal terpenting adalah kinerja pemerintah harus bersamaan dengan dukungan masyarakat dengan selalu taat akan kebijakan tersebut.

Tong Sampah Fiber Murah dan Berkualitas ? Disini tempatnya !

Bagikan informasi tentang Budaya Membuang Sampah pada Tempatnya di Daerah Wisata kepada teman atau kerabat Anda.

Budaya Membuang Sampah pada Tempatnya di Daerah Wisata | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Budaya Membuang Sampah pada Tempatnya di Daerah Wisata

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Tong sampah fiber single bulat 50 liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Popular!
QUICK ORDER
Tong sampah plastik 220 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Sofa Drum ( E )

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR