Beranda » Artikel Terbaru » Ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang rusak karena sampah!

Ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang rusak karena sampah!

Diposting pada 13 June 2019 oleh mandiribersama | Dilihat: 42 kali

 

Jika berbicara mengenai tempat wisata yang ada di negeri ini, pasti kita akan cape ngitungnya, karena memang jumlah tempat wisata di Indonesia itu sangat banyak sekali. Apalagi wisata alam, pasti dari sabang sampai merauke tibany terhitung jumlahnya.

Tapi bukan itu yang paling penting sekarang. Saat ini yang paling penting adalah menjaga kelestarian alam tersebut. Karena memang saat ini masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang menjaga kelestarian alam dan juga lingkungan memang menjadi momok bagi kepariwisataan alam yang ada di Indonesia.

Banyak tempat – tempat wisata yang rusak karena tumpukan sampah yang dapat merusak habitat hewan darat maupun hewat laut.

Seperti misalnya di bawah ini adalah beberapa tempat wisata yang rusak diakibatkan oleh sampah :

  1. Pulau Sempu, Malang

 

Pulau sempu yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakrejo ini merupakan sebuah tempat wisata yang di jadikan untuk kebutuhan pendidikan dan juga penelitian.

Namun, taukah kamu kalo kini masih saja banyak wisatawan illegal yang saking banyaknya, membuat wajah pulau sempu ini yang tadinya asri kini banyak sampah yang berserakan.

Tentu keadaan ini bisa mengancam keadaan satwa liar dan juga berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar pulau sempu. Kini sudah mulai banyak aktifis yang melarang wisatawan illegal untuk datang ke pulau sempu demi menjaga habitat hewan dan juga tumbuhan langka yang ada di sekitar pulau sempu ini.

  1. Manta Point, Nusa Penida , Bali

Pernah ada seorang turis yang mengabadikan dirinya sedang menyelam di Perairan Nusa Penida Bali. Ya , turis tersebut adalah Rich Horner yang berasal dari Inggris yang sedang memperlihatkan keadaan  bawah laut perairan Nusa Penida Bali yang dipenuhi oleh sampah – sampah plastik.

Disana banyak ikan yang berseliweran seperti halnya ikan pari, ubur – ubur, dan beberapa ikan lainnya yang berenang diantara sampah – sampah plastik tersebut.

Mulai dari sampah botol plastik, gelas plastik, ember plastik, sikat, sedotan, keranjang, plastik makanan, dan banyak lainnya.

Tentu ini menjadi sebuah ancaman dan juga bahaya peringatan, mengingat hal ini akan sangat merusakan biota laut yang ada. Apalagi sampah plastik sangat sulit di urai. Jika di darat saja sulit terurai, apalagai di air laut, yang pasti tidak akan pernah hilang jika tidak di ambil oleh manusia.

  1. Ranu Kumbolo

Nah buat kamu yang senang mendaki, tidak afdol rasanya jika belum pernah ketempat ini. Ya ranu kumbolo namanya. Naman tempat ini semakin terkenal setelah dibuat kan film bergenre persahabatan yang berjudul 5 cm. Lokasi ranu kumbolo ini adalah berada di kaki gunung semeru. Ranu kumbolo menjadi tempat peristirahatan bagi mereka yang ingin melanjutkan pejalanan menuju puncak gunung semeru. Danau dengan luas 15 hectare menjadi keindahan tersendiri disini, makanya banyak yang mengabadikannya dengan kamera. Namun apalah daya, masih banyak pendaki nakal, yang masih saja mengotori tempat ini dengan membuat sampah sembarangan.

Hal ini memang miris, sehingga memaksa para aktifis lingkungan, untuk secara suka rela beramai – ramai membersihkan semua sampah yang ada di sekitar ranu kumbolo ini.

  1. Pantai Kuta , Bali

Merayakan liburan di pantai kuta bali memang sangatlah menyenangkan. Selain kamu bisa menikmati keindahahan pantai ini, kamu juga bisa memamerkannya di laman social media kamu. Karena memang pantai ini tidak hanya di kenal oleh wisatawan local saja, namun juga oleh wisatawan asing pun banyak di kenal.

Namun tentu yang paling penting adalah soal menjaga kelestarian lingkungan di Pantai ini. Taukah kamu bahwa sebanyak 9 ton sampah membanjiri pesisir pantai kuta pada malam tahun kemarin. Tantu ini sangatlah riskan, dimana menunjukan banyak yang masih dengan seenaknya mengotori pantai ini.

 

  1. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

 

Pulau ini adalah pulau yang sangatlah popular di telinga wisatawan. Pantainya yang cantik dengan lautnya yang biru memang menjadi daya Tarik sehingga banyak sekali wisatawan yang mendatangi tempat ini.

Namun sampai saat ini masalah sampah masih saja menjadi sebuah masalah yang tak kunjung selesai karena masih banyaknya sampah yang berserakan setiap kali ramai pengunjung. Selain harus di buatnya peraturan yang tegas mengenai aturan buang sampah, juga kesadaran wisatawan yang harus di tingkatkan mengenai sampah – sampah yang tidak boleh di buang sembarangan tersebut.

Nah itu lah beberapa tempat wisata yang cantik namun harus kotor karena banyaknya wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Yuk, mulai hari ini kita buang jauh – jauh kebiasaan buruk tersebut.

 

 

Bagikan informasi tentang Ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang rusak karena sampah! kepada teman atau kerabat Anda.

Ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang rusak karena sampah! | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Ini dia 5 tempat wisata di Indonesia yang rusak karena sampah!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Tong sampah fiber single oval 50 liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
QUICK ORDER
Tempat sampah fiber kapasitas 660 liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
QUICK ORDER
Tong sampah fiber 3 in 1 bulat 40 liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR