Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi CS kami terlebih dahulu Dapatkan promo menarik untuk pembelian dengan jumlah banyak Menerima Custom Bentuk dan Ukuran
Beranda » Artikel Terbaru » Lubang Biopori Untuk Solusi Sisa Makanan Tidak Terbuang Sia-sia

Lubang Biopori Untuk Solusi Sisa Makanan Tidak Terbuang Sia-sia

Diposting pada 21 December 2020 oleh mandiribersama | Dilihat: 172 kali

Pabrik Tong Sampah Besar –  Lubang Resapan Biopori (LRB) atau yang biasa disebut dengan biopori adalah lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya serap air pada tanah.

Fungsinya seperti sumur serapan yang punya kegunaan untuk menyerap air hujan agar tak menggenang sekaligus meningkatkan daya serap air pada tanah. Dengan adanya biopori, peresapan air ke dalam tanah jadi cepat sehingga mampu mencegah genangan dan banjir serta erosi dan longsor.

 

Biopori juga membantu meningkatkan cadangan air bersih di dalam tanah. Nah, ada satu kegunaan lagi dari biopori yang jarang dimanfaatkan. Yaitu untuk menyuburkan tanah dan membuat pupuk kompos alami.

 

Caranya cukup mudah. Kita hanya perlu memasukkan sampah organik ke dalam lubang biopori. Sampah organik tersebut bisa berupa dedaunan dan sampah dapur seperti makanan sisa serta sisa sayuran dan buah-buahan.

 

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Biopori?

Alat utama yang harus ada adalah bor tanah dengan panjang sekitar 1 meteran. Usahakan yang manual saja karena lebih murah dan biar sekaligus olahraga juga. Bor tanah ini bisa di dapat di toko-toko pertanian atau bisa juga dibuat sendiri di tukang besi dan las.

Alat kedua yang dibutuhkan adalah pipa PVC beserta tutupnya. Usahakan ukuran diameternya sekitar 10 cm dan panjangnya 80-100 cm. Sebab, ukuran lubang yang dianjurkan adalah sedalam 80-100 cm dengan diameter 10 cm. Tutupnya bisa memakai tutup berbahan PVC atau kawat, pokoknya harus ada lubangnya.

 

Cara pembuatan Lubang Resapan Biopori:

Tentukan lokasi yang akan dijadikan tempat pembuatan,

Siram tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pembuatan biopori dengan air agar tanah menjadi lebih lunak dan mudah untuk dilubangi,

Lubangi tanah dengan menggunakan bor tanah usahakan membuat lubang yang tegak lurus,

Buat lubang dengan kedalaman 80-100 cm,

Masukkan pipa PVC yang sudah dilubangi,

Kemudian, isi lubang dengan sampah sisa makanan dan kombinasikan dengan sampah organik agar tak terlalu bau,

Setelah itu tutup lubang dengan tutup pipa PVC yang sudah dilubangi terlebih dahulu.

Nah, dalam waktu kurang lebih 3-4 minggu, sampah organik yang dimasukkan ke dalam biopori bisa diambil dan dipergunakan sebagai pupuk kompos. Pupuk kompos tersebut bisa kita gunakan untuk kebutuhan pribadi.

Baca juga : Bersama Kita Kurangi Sampah Sisa Makanan

Pupuk kompos tersebut terbentuk secara alami berkat proses penguraian yang dibantu mikroorganisme yang ada di dalam tanah. Selain jadi pupuk, hasil penguraian sampah organik di dalam biopori tersebut juga mampu menyuburkan tanah di dalamnya.

 

Membuang dan memanfaatkan sampah sisa makanan dan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos dengan bantuan biopori juga memiliki efek positif. Kita jadi terlatih untuk memilah sampah organik dan anorganik sebelum membuangnya.

 

Jadi, daripada membuang sampah sisa makanan langsung ke dalam tempat sampah, lebih baik pilah dulu dan masukkan ke dalam biopori. Dengan cara itu pula kita ikut membantu mengurangi jumlah sampah dapur yang dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

 

Biopori memang bisa jadi solusi untuk memanfaatkan sampah sisa makanan agar tak terbuang percuma. Hanya saja perlu dipahami bersama bahwa membuang sisa makanan termasuk kesia-siaan alias mubazir.

 

Nah, perilaku membuang sampah sisa makanan bermula dari kebiasaan buruk manusia yang tidak bertanggung jawab dengan makanan yang tersaji di piringnya. Makanan yang sudah diambil tidak dihabiskan dengan alasan yang paling sering didengar adalah kekenyangan. Ingat, membuang sisa makanan adalah cerminan perilaku boros nan mubazir. Namun, bila terpaksa dan tak terhindarkan, manfaatkan saja untuk dijadikan pupuk kompos dengan biopori.

 

Tong Sampah Fiber Murah dan Berkualitas ? Disini tempatnya !

Bagikan informasi tentang Lubang Biopori Untuk Solusi Sisa Makanan Tidak Terbuang Sia-sia kepada teman atau kerabat Anda.

Lubang Biopori Untuk Solusi Sisa Makanan Tidak Terbuang Sia-sia | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Lubang Biopori Untuk Solusi Sisa Makanan Tidak Terbuang Sia-sia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Ember Stainless 06

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

harga ember stainless, jual ember stainless, harga ember stainless, jual ember stainless di Bogor, harga ember stainless di Jakarta, ember stainless di Bandung, Jual ember stainless Surabaya, *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Tong Sampah Fiber Roda 240 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Limited Edition
QUICK ORDER
Trolley Housekeeping

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual-trolley-housekeeping,-harga-trolley-,-trolley-housekeeping, jual trolley linen, harga trolley laundry, trolley laundry, jual trolley linen di Jakarta, harga trolley linen di Bandung, jual trolley linen, jual trolley linen murah, harga trolley di Surabaya, *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR