Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi CS kami terlebih dahulu Dapatkan promo menarik untuk pembelian dengan jumlah banyak Menerima Custom Bentuk dan Ukuran
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Jenis Sampah dan Tips pengolahannya

Mengenal Jenis Sampah dan Tips pengolahannya

Diposting pada 3 June 2021 oleh Seo Medan Seo medan | Dilihat: 76 kali

Jual Tong Sampah Fiberglass – Pada dasarnya sampah dikelompokkan menjadi dua jenis saja yaitu sampah organik dan sampah anorganik, namun jika dilihat dari sifat, jenis dan bentuk sampah terdiri dari berbagai macam jenis. Apa saja jenis jenis sampah tersebut, yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

Sampah berdasarkan Sumber

Apabila sampah dikelompokkan berdasarkan sumbernya, maka sampah terbagi menjadi tujuh bagian yaitu Sampah konsumsi, Sampah dari manusia, sampah nuklir/limbah radioaktif, sampah dari hewan, sampah dari alam, sampah industri, dan sampah pertambangan.

 

Sampah Berdasarkan Bentuknya

Sementara jika sampah dikelompokkan berdasarkan bentuknya maka sampah dapat menjadi beberapa jenis yaitu

  1. Sampah Padat

Sampah padat merupakan jenis jenis sampah yang bersifat padat atau keras seperti barang bekas, plastik, batu, dan lain lain.

 

  1. Sampah Cair

Sementara sampah cair merupakan jenis sampah yang bersifat cair seperti oli, bekas minyak, bekas tinta, dan lain sebagainya.

Baca juga Cara Memilih Tong Sampah dan Penjual Terpercaya

Sampah Berdasarkan Sifatnya

Untuk sampah berdasarkan sifatnya terbagi menjadi beberapa bagian seperti

  1. Sampah Organik

Pada dasarnya sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat terurai dengan sendirinya dan sebagian besar sampah organik berasal dari aktivitas sehari hari seperti sisa makanan, kulit buah, potongan sayur, ranting, daun dan lain lain. 

 

  1. Sampah Anorganik

Sementara untuk sampah anorganik merupakan jenis sampah yang tidak dapat terurai meski sudah bertahun tahun lamanya. Sampah sampah anorganik berasal dari aktivitas industri atau pabrik yang menciptakan sebuah benda atau barang kebutuhan seperti botol plastik, kantong kresek, kaleng, dan lain lain. Sampah yang satu ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan ekosistem di bumi sehingga sampah ini harus benar benar diperhatikan dan diolah dengan baik.

 

  1. Sampah B3

Untuk jenis sampah sampah yang satu ini merupakan jenis jenis sampah yang bersifat berbahaya yang membutuhkan cara khusus untuk penanganannya. adapun beberapa jenis sampah yang termasuk ke dalam kategori sampah B3 yaitu pecahan kaca, bekas deterjen, pemutih pakaian dan sampah sampah berbahaya lainnya. Pihak pengolah sampah biasanya memiliki cara khusus dalam menangani sampah yang satu ini. 

 

Cara Pengolahan Sampah dengan Prinsip 4R

Untuk pengolahan sampah dalam mengurangi dampak dari sampah, kita dihimbau untuk menerapkan prinsip 4R yaitu Replace (mengganti), Reduce (mengurangi), Re-use (memakai)  dan Recycle (daur ulang).

  1. Replace (Mengganti)

Prinsip mengganti ini merupakan cara pengolahan sampah dengan beralih dari suatu barang penghasil sampah menuju ke barang yang ramah lingkungan, contohnya seperti beralih dari kantong kresek ke tote bag atau mengurangi penggunaan Styrofoam dengan beralih ke kertas bekas.

 

  1. Reduce (Mengurangi)

Sementara untuk prinsip mengurangi, anda bisa mencoba mengurangi penggunaan sampah seperti membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi penggunaan kantong kresek, memanfaatkan produk isi ulang untuk menekan jumlah dan populasi sampah yang dihasilkan, membawa bekal saat berperjalanan jauh untuk menghindari membeli makanan dan minuman kemasan dan lain sebagainya.

 

  1. Re-use (Memakai Ulang)

Istilah pengolahan sampah dengan memakai ulang ini sepertinya bukanlah hal yang baru lagi dalam kehidupan masyarakat. untuk mengurangi pencemaran lingkungan oleh sampah, anda dapat memakai kembali sampah sampah yang berasal dari aktivitas sehari hari seperti memanfaatkan botol bekas menjadi pot bunga, memanfaatkan kaleng bekas menjadi media penyimpanan dan lain lain.

 

  1. Recycle (Daur Ulang)

Untuk proses daur ulang ini biasanya akan ditangani langsung oleh pihak pengolah atau pabrik. Contohnya kemasan botol plastik didaur ulang menjadi kemasan baru atau kertas bekas diolah kembali menjadi kardus.

Demikianlah sekilas informasi terkait sampah dan semoga dengan membaca artikel ini anda menjadi lebih paham tentang sampah sehingga dapat mengolahnya dengan cara yang lebih baik. Ingat, selalu sediakan tong sampah fiber di area rumah dan lingkungan kita masing masing untuk mencegah pencemaran lingkungan oleh sampah.

Bagikan informasi tentang Mengenal Jenis Sampah dan Tips pengolahannya kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Jenis Sampah dan Tips pengolahannya | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Mengenal Jenis Sampah dan Tips pengolahannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
QUICK ORDER
Jual Meja Obgyn – Gynaecolog Bed

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Limited Edition
QUICK ORDER
SOFA DRUM ( J )

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Popular!
QUICK ORDER
Meja Resusitasi Bayi / Baby Table / Baby Tafel dengan Wastafel

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR