Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi CS kami terlebih dahulu Dapatkan promo menarik untuk pembelian dengan jumlah banyak Menerima Custom Bentuk dan Ukuran
Beranda » Artikel Terbaru » Sampah Belanja Online Dampak Dari PSBB

Sampah Belanja Online Dampak Dari PSBB

Diposting pada 21 December 2020 oleh mandiribersama | Dilihat: 179 kali

 

Pabrik Tong Sampah Besar – Sekarang ini hampir di selurug dunia sedang mengalami PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga hal ini membuat orang cenderung lebih suka jika berbelanja secara online. Salah satu dampak yang secara tidak sadar atau seringkali terabaikan, yaitu menumpuknya sampah plastic maupun sampah kardus yang ada di rumah kita. Penjual akan melakukan pelapisan barang yang tidak hanya sekali untuk menghindari rusaknya barang akibat aktivitas dari pengiriman –contohnya barang akan dilempar— yang akan merugikan pembeli.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sampah plastic membutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 50-100 tahun untuk dapat terurai. Hal ini disebabkan sebagian besar plastic terbuat dari minyak bumi yang dipanaskan. Hal ini mengubah molekul minyak tersebut menjadi polimer termo-plastik yang biasanya dipakai untuk keperluan industry. Proses itu melalui tempaan rantai karbon-karbon yang kuat. Rantai karbon tersebut sult untuk dihancurkan sehingga butuh energy yang besar untuk melakukannya. Alam tidak dapat melakukan pekerjaan itu secara alami.

Bagaimana dengan sampah plastic belanja online yang mungkin, pembungkusannya sampai memakai 3 kali proses. Biasanya, barang akan dibungkus, kemudian dilapisi bubble wrap, dan dibungkus kembali. Hal ini diperparah dengan masa PSBB di mana orang-orang akan sebisa mungkin mengurangi kegiatan diluar rumah akibat adanya pandemic Covid 19.

DI masa PSBB mengakibatkan masyarakat lebih suka berbelanja secara online. Sehingga, sampah plastic yang dihasilkan menjadi meningkat. Sampah doemstik atau sampah rumah tangga merupakan penyumbang terbesar dari total sampah nasional, yakni mencapai 62%.

Walaupun limbah sampah dijalanan mengalami penurunan, namun limbah rumah tangga menjadi bertambah. Di  DKI Jakarta selama covid 19, peningkatan sampah plastic naik dari 14 persenmenjadi 21 persen. Sementara, limbah sampah selama PSBB hanya sekitar 6.342 ton setiap hari.

Mendaur ulang sampah plastic menjadi barang-barang yang dapat digunakan sehari-hari, tidak menutup kemungkinan barang tersebut dapat terjual di lapak-lapak. Sehingga, hal ini menjadi sesuatu yang menguntungkan. Menurut pemaparan koordinator BSM (Isa) mereka menerima sampah lain selain sampah plastic seperti sampah kertas, kardus, botol minuman, dan lain sebagainya.

Baca juga : Sampah Dari Sisa Makanan Paket Hemat

Mengurangi sampah plastic dalam kegiatan online bukanlah suatu keniscayaan, Womantalk (15/6) memberikan 5 tips belanja online dan delivery makanan tanpa menimbulkan sampah plastic. Adapun tipsnya sebagai berikut:

Mencari toko dekat rumah

Membeli barang di toko terdekat dengan rumah juga merupakan usaha untuk memajukan perekonomian. Tidak harus selalu dengan brand yang besar. Bisnis rumahan pun mempunyai kualitas barang yang tidak kalah bagusnya. Usahakan membeli di toko yang paling dekat, supaya jejak karbon yang ditinggalkan akibat transportas dapat ditekan.

Hindari mengemas dengan bubble wrap

Beri catatan kepada penjual untuk mengganti bubble wrap dengan kertas atau dengan kain tidak terpakai untuk mengganti bubble wrap dan berikan tulisan “paket jangan dibanting” apabila ingin memesan barang yang merupakan barang mudah pecah. Beri catatan juga untuk tidak usah dilapisi plastic tambahan lagi. Karena, biasanya pihak pengiriman akan melapisi plastic kembali pada paket yang akan dikirim.

Hindari penjual yang memakai produk sekali pakai untuk malapisi barangnya.

Ketika akan membeli kopi atau benda lainnya, sebisa mungkin untuk menghindari penjual yang menggunakan plastic atau botol sekali pakai. Maka dari itu, haruslah rajin-rajin mencari toko yang penjualnya menggunakan produk ramah lingkungan.

Hindari kemasan sachet

Berbelanja online memang mempermudah kehidupan. Namun, usahakan membeli barang-barang yang tidak menambah sampah. Hal ini berlaku untuk shampoo, sabun, sabun cuci piring, dan detergent.

Manfaatkan kembali bungkus plastic

Jika terpaksa menggunakan plastic tambahan, maka plastic tambahan tersebut dapat digunakan kembali. Contohnya untuk membungkus buku-buku yang ada di rak supaya tidak kertasnya tidak menguning dengan cepat.

Tong Sampah Fiber Murah dan Berkualitas ? Chat kami disini !

Bagikan informasi tentang Sampah Belanja Online Dampak Dari PSBB kepada teman atau kerabat Anda.

Sampah Belanja Online Dampak Dari PSBB | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Sampah Belanja Online Dampak Dari PSBB

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Trolley Bandara 3 Roda Brake

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual trolley bandara, harga trolley bandara, trolley banadara, harga trolley bandara di Bogor, jual trolley bandara di Jakarta, trolley bandara di Surabaya, *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Popular!
QUICK ORDER
Tong sampah plastik 120 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Limited Edition
QUICK ORDER
Soda Drum ( D )

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR