Untuk melakukan pemesanan, segera hubungi CS kami terlebih dahulu Dapatkan promo menarik untuk pembelian dengan jumlah banyak Menerima Custom Bentuk dan Ukuran
Beranda » Artikel Terbaru » Sampah Makanan Salah Satu Penyumbang Sampah Terbesar di Indonesia

Sampah Makanan Salah Satu Penyumbang Sampah Terbesar di Indonesia

Diposting pada 21 December 2020 oleh mandiribersama | Dilihat: 183 kali

 

 

Pabrik Tong Sampah Besar –  Dewasa ini sampah memanglah sebuah masalah yang masih belum bisa dipecahkan. Mulai dari sampah platik bekas belanja, sampah sisa makanan dan sampah lainnya. Beberapa tahun terakhir ini, limbah makanan telah menjadi fenomena kompleks yang menarik perhatian ilmuwan, konsumen, dan aktivis. Hal ini telah menjadi paradoks global peningkatan hasil pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan namun kemudian sepertiga dari semua makanan yang diproduksi berakhir sebagai limbah. Hal ini menurut laporan FAO (Organisasi makanan dan pertanian di bawah naungan PBB) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa limbah makanan secara global berjumlah sepertiga dari total makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia, sekitar 1,6 miliar ton per tahun.

Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2018 mencatat mayoritas kota-kota besar di Indonesia kedapatan memproduksi sampah organik yang merupakan jenis sampah pangan dalam jumlah lebih besar ketimbang jenis sampah lainnya. Di Jakarta, 3.639,8 ton sampah pangan terangkut setiap harinya, 499,84 ton lebih banyak dari sampah anorganik yang jumlahnya hanya 3.193,96 ton. Selisih lebih besar terjadi di Medan.

Alasan mengapa hal ini menjadi perhatian besar adalah biaya ekonomi, sosial, dan lingkungan yang terkait dengannya. FAO mendefinisikan limbah makanan sebagai limbah (food waste) atau kehilangan makanan (food losses) yang terjadi selama industri pengolahan, distribusi, dan konsumsi. Oleh karena itu, memahami dan mengakhiri limbah makanan telah menjadi prioritas di antara organisasi nirlaba dan pemerintah yang mengarahkan kita pada topik tentang penyebab, efek, dan solusi limbah makanan. Indonesia sendiri merupakan penyumbang sampah makanan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

Baca juga : Sampah Plastik, Sebenarnya Salah Siapa

Mengurangi limbah makanan merupakan cara yang lezat untuk menghemat uang, membantu ketahanan pangan dan melindungi planet ini.

Berbagai Penyebab Pemborosan Makanan

  1. Membeli dan menyiapkan makanan terlalu banyak

Seringkali, makanan terbuang percuma karena membeli atau menyiapkan terlalu banyak. Padahal sudah sering diingatkan untuk  membeli makanan secukupnya saja agar tidak terbuang dan mubazir. Jika kita membeli atau menyiapkan makanan terlalu banyak dari yang dibutuhkan, maka jelas makanan berlebih di piring akan terbuang percuma. Dalam skenario seperti itu, sisa makanan dan sebagian makanan bekas menjadi penyebab makanan terbuang percuma.

Hal lain, makanan yang sebagian sudah kita makan kadang-kadang diletakkan di bagian belakang lemari es dan tidak pernah dihabiskan. Hal yang sama berlaku untuk pembelian berlebih yang akhirnya melewati tanggal kedaluwarsa dan karena itu penampilan, rasa, dan baunya tidak enak. Pada akhirnya, semua kelebihan berakhir sebagai sampah makanan.

  1. Kesalahan dalam proses industri dan kepatuhan terhadap kebijakan keamanan makanan

Faktor pendorong terbesar lainnya untuk pemborosan makanan adalah protokol keamanan makanan. Protokol keamanan makanan tidak memberikan ruang untuk kesalahan dalam pemrosesan industri atau kompromi lain yang mengurangi kualitas produk akhir makanan. Akhirnya, kesalahan selama pemrosesan industri menyebabkan makanan akan terbuang percuma karena tidak memenuhi standar yang ditetapkan.

Perusahaan pengolahan makanan dituntut mematuhi peraturan keamanan pangan yang tinggi dan karenanya tidak boleh ada kesalahan margin. Dalam mematuhi kebijakan keamanan pangan, perusahaan di sektor tersebut akhirnya menciptakan limbah karena salah sedikit berarti produk makanan ditolak meskipun hanya karena ketidaksempurnaan tampilan atau bentuk.

Makanan yang overcooking, uji coba produksi dengan resep baru, cacat kemasan, uji coba kadaluarsa makanan dalam kemasan, dan ukuran serta berat yang salah merupakan beberapa aspek yang menyebabkan ketidaksempurnaan dan akhirnya penolakan makanan yang berujung menjadi limbah.

Tong Sampah Fiber Murah dan Berkualitas ? Disini tempatnya !

Bagikan informasi tentang Sampah Makanan Salah Satu Penyumbang Sampah Terbesar di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Sampah Makanan Salah Satu Penyumbang Sampah Terbesar di Indonesia | Pabrik tong Tempat Sampah Besar Plastik Fiber Stainless Outdoor, Harga Jual Murah se Indonesia

Belum ada komentar untuk Sampah Makanan Salah Satu Penyumbang Sampah Terbesar di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Standing asthray X

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tong sampah organi anorganik *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Tong Sampah Stainless Tabung 2 in 1

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tong sampah stainless 2 pilah warna, jual tempat sampah stainless murah, jual tong sampah stainless kapsul di jakarta, *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Tong sampah stainless 2 in 1, 2 pilah, 2 warna, 2 Jenis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual-tong-sampah-stainless-steel, harga jual tong sampah stainless steel di Jakarta, tempat sampah stainless di Bogor, tong stainless di Surabaya, harga tempat sampah stainles steel di Papua, *Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR